Memanfaatkan Wireless Ad Hoc untuk Mengisi Kuesioner PMP Lebih Dari 1 Laptop

Memanfaatkan Wireless Ad Hoc untuk Mengisi Kuesioner PMP Lebih Dari 1 Laptop

Memanfaatkan Wireless Ad Hoc untuk Mengisi Kuesioner PMP Lebih Dari 1 Laptop - Artikel ini dimaksutkan agar 1 jaringan mampu menampung banyak divice yang melakukan pekerjaan yang sama yaitu Mengisi Kuesioner PMP. Hal ini sangat penting MENGINGAT SELALU MEMBACA IP dan juga Guru menghabiskan demikian banyak waktu dengan anak didiknya, terkadang bahkan lebih daripada orang tua mereka. Karakteristik mereka jelas menular pada anak didiknya. Maka memberdayakan para guru menjadi peran utama dalam melonjakkan Dunia Pendidikan itu sendiri. Antara lain misalnya kemajuan tingkat status para guru.

Sebagaimana yang kita ketahui saat ini rekan-rekan operator pendataan sekolah begitu disibukkan dengan berbagai macam pekerjaan baru selain dapodik seperti verval File/dokumen GTK, VervalPD, guru pembelajar, bos online,simpatika kemenag, dan yang terbaru dan cukup menghebohkan yaitu adiknya dapodik yakni aplikasi penjaminan mutu pendidikan (PMP) kemdikbud.
Mengerjakan aplikasi PMP sebenarnya bukan tugas operator sekolah, namun sebab pengerjaan kuesioner PMP ini sangat bergantung pada dapodik, maka mau Tak mau para operator dapodik wajib Turut serta dalam mensukseskan pengiriman data Penjaminan Mutu Pendidikan sekolah masing-masing dengan cara membimbing para PTK dan Peserta Didik dalam pengerjaan Kuesioner PMP, nah sebab pertanyaan pada Instrumen PMP ini lumayan banyak, dan apabila dikerjakan satu persatu dengan cara bergantian memakai 1 buah laptop Bisa memakan waktu yang cukup lama, maka akan sangat efektif apabila pengerjaanya memakai lebih dari 1 laptop dengan cara memanfaatkan Jaringan Wireless Ad Hoc.
Ad Hoc merupakan salah satu mode jaringan dalam WLAN (Wireless Local Area Network). Mode ini memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan cara langsung (dikenal dengan istilah peer to peer) tanpa melalui Central Wireless Router atau Acces Point (AP). (sumber)
Disini admin mencontohkan mengerjakan atau mengisi kuesioner pada aplikasi PMP dapodik memakai 2 laptop. Cara ini sudah admin coba dan bekerja :). berikut beberapa alat yang digunakan untuk memakai Jaringan Wireless Ad Hoc di laptop anda.
  • 2 Buah Laptop minimal Ram 2 GB
  • 1 Buah Modem atau Hp Android sebagai Jaringan penghubung
  • Kopi Hangat
  • Gorengan atau Makanan ringan secukupnya

Cara Membuat Jaringan Ad HOc di Laptop

PAstikan Duah buah laptop telah Menonaktifkan windows firewall. oke Disini laptop 1 sebagai pembuat jaringan dan laptop 2 sebagai penerima, berikutnya Pastikan modem telah terhubung ke laptop 1, koneksikan modem, berikutnya klik icon wifi atau internet akses setelah itu klik teks "open network as well as also sharing center" berikutnya klik "Set up a brand new connection as well as also network."
langkah 2Berikutnya pada menu choose conection option pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network, setelah itu klik next. berikutnya isikan network name, security type dan security key, bila telah selesai klik tombol centang "Save This kind of network" lalu klik next. selanjutnya akan muncul konfigurasi baru lagi, maka klik close aja. seperti penampakkan gambar dibawah
gambar membuat ad hoc
gambar membuat adhoc
Langkah 3: Berikutnya setelah sukses membuat jaringan ad hoc di laptop 1, kita pindah ke laptop 2, sama dengan langkah pertama, klik icon wifi dak Interaksi dengan jaringan yang telah dibuat di laptop 1 tadi, setelah terkoneksi klik kanan, lalu pilih status, setelah itu properties seperti penampakkan gambar dibawah
Langkah 4: klik "Internet Protocol edition 4 (TCP/IPv4)" lalu klik Properties klik "Use the following IP address" selanjutnya masukan IP nya seperti gambar di atas, setelah itu tekan tombol "Tab" pada keyboard anda, dan isi "Subnet mask" seperti penampakkan gambar dibawah bila sudah klik Ok.
Ip Adress: 192.168.1.1
Subnet mask: 255.255.255.0
Langkah 5: Sekarang kembali ke laptop 1 lalu buka aplikasi pmp, login, hingga masuk ke beranda, berikutnya kembali ke laptop 2, buka browser google chrome dll, pada tab ketikkan alamat berikut: 192.168.1.1:1745 dan aplikasi PMP juga akan terbuka di laptop 2,
Langkah 6:Bagaimana mudah kan? apabila ingin mengerjakan lebih dari 2 laptop silahkan koneksikan juga dengan jaringan yang telah dibuat tadi, pastikan wifi di laptop ke 3 aktif supaya terdeteksi, jangan lupa ip adress di "Internet Protocol edition 4 (TCP/IPv4)" ganti menjadi 192.168.1.2, begitu seterusnya untuk laptop ke 4 ip adress 192.168.1.3. Nah, Untuk membuka aplikasi PMP di laptop 3 dan 4, buka browser google chrome dll, pada tab browser tetap ketikkan alamat ip adress 192.168.1.1 dan diakhiri dengan :1745 seperti contoh di langkah 5.

0 Response to "Memanfaatkan Wireless Ad Hoc untuk Mengisi Kuesioner PMP Lebih Dari 1 Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel